~ If You Know What I Mean ~

3 December 2011

ANIMONSTER BERUBAH?

Untuk sebagian besar penggemar jejepangan, terutama anime/manga pasti sudah nggak asing lagi dengan majalah yang satu ini. Ya, sejauh yang saya tahu Animonster merupakan satu-satunya majalah di Indonesia yang mengupas semua hal berbau Jepang (sekali lagi, terutama anime/manga). Tapi.. sudahkah kalian, para pembaca Animonster, mengetahui berita terbaru yang sedang HOT di dunia maya saat ini? 
Baiklah.. untuk lebih jelasnya, lihat saja gambar di bawah ini:

Animonster baru saja melakukan survey dengan memberikan 3 pertanyaan yang (menurut saya) amat sangat mengejutkan. Well, berhubung saya belum gabung dengan group-nya, saya baru tahu tentang hal ini dari fanpage Animonster di FB.

Seperti yang sudah saya garis bawahi dari gambar di atas. Ke-3 pertanyaan yang diajukan dalam survey itu seperti memperlihatkan bahwa Animonster berencana untuk mengubah "image"nya (OH NO!!!). Bisa dilihat dari poin pertanyaan pertama yang terletak pada "tidak lagi mengkhususkan diri sebagai majalah anime dan manga". Pertanyaan kedua pada "cover Animonster bukan anime/manga". Dan pertanyaan ketiga pada "memberi porsi untuk artis Korea".

Jelas jawaban pribadi saya untuk ketiga pertanyaan itu is a BIG NO! Alasannya:
1. Untuk pertanyaan pertama, sudah jelas! ANIMONSTER merupakan satu-satunya MAJALAH KHUSUS ANIME DAN MANGA. Apa lagi? Ini ciri khas Animonster yang sudah tercipta dari awal kan? Kalau ini dirubah, mau kemana saya (dan mungkin sebagian besar penggemar anime/manga lain) berpaling? Yang jadi poin penting di sini adalah bahwa jabatan sebagai majalah anime dan manga merupakan KELEBIHAN dari Animonster yang tidak bisa diganggu gugat -_____-!!
2. Untuk pertanyaan kedua, hampir sama dengan jawaban untuk nomor satu. Pokoknya yang ini ngikut nomor satu. Karena sudah tidak setuju dengan pertanyaan nomor satu jadi, majalah anime dan manga cover-nya ya, harus anime/manga.
3. Untuk pertanyaan ketiga, saya tetap tidak setuju. Sebagian besar responden mungkin setuju dengan batasan untuk artis Korea yang debut di Jepang. Tapi bagi saya, kalau debutnya tidak nyangkut dengan dunia per-anime-an, cuma bakal ngabisin halaman doang. Seperti yang sudah kita (para pembaca) tahu, Animonster sudah mulai melakukan pengurangan jumlah halaman dengan alasan untuk menekan harga akibat naiknya harga kertas. Itu berarti konten dalam majalah juga sudah otomatis berkurang, kalau didesak lagi dengan porsi artis Korea, ntar porsi buat arti Jepang yang sudah menyusut itu semakin berkurang dong?! Sedangkan untuk artis Korea sendiri sudah terlalu buaanyak majalah yang bahas. Jadi kalau Animonster ikut-ikutan bahas bab itu, ntar majalahnya jadi nggak spesial lagi dong?! (Actually saya juga suka dengan musik Korea, tapi Jepang tetap NO.1)

Haaaaahhh.. Baiklah, itu sebagian kecil(?!!!) dari uneg-uneg saya yang bisa ditulis. (nggak perlu manggil Uya Kuya kan? :p)
Yang paling penting INI SEMUA BARU SEKADAR SURVEY yang dilakukan Animonster. Mengingat kebanyakan (setahu saya malah semua) responden juga tidak setuju menanggapi survey tersebut, bahkan malah ada yang mengancam untuk berhenti membaca, saya masih optimis bahwa Animonster akan berpikir 100x lagi untuk melakukan semua perubahan itu.

Bagaimana pun juga saya masih mendunkung Animonster untuk tetap mempertahankan ciri khasnya! GO ANIMONSTER!!!

No comments:

Post a Comment